SOAL
CHARGING
1. Fungsi
alternator pada mobil adalah :
a. Mengubah energi mekanik menjadi
energi listrik
b. Mengubah energi
listrik menjadi energi mekanik
c. Mengubah energi listrik
d. Mengubah energi
listrik menjadi arus thermis
e. Mengubah energi gesek menjadi energi listrik
2. Arus listrik yang keluar dari alternator ke baterai adalah…
a. Arus bolak balik (AC ).
b. Arus searah ( DC )
c. Arus 3 phase
d. Arus searah dan Arus bolak balik.
e. Arus kombinasi.
3. Kemagnitan yang terjadi dari
arus
listrik baterai pada kumparan :
a. Stator alternator.
b. Rotor alternator.
c. Rumah alternator.
d. Diode alternator
e. Slip
ring dan jangkar.
4. Stator pada
alternator dengan 3 kumparan
biasanya mempunyai jumlah keluaran diode.
a. 3
b. 4
c. 6
d. 8
e. 1
5. Arus listrik yang keluar dari alternator
dihasilkan
dari
:
a. Kumparan stator alternator.
b.
Kumparan rotor alternator.
c.Kumparan rumah alternator.
d.Kumparan slip ring
e.Kumparan diode.
6. Regulator pada sistem
pengisian
mempunyai fungsi :
a. Menambah daya
arus listrik dari alternator.
b. Mengurangi
putaran rator alternator.
c. Mengurangi arus yang keluar dari alternator
d. Meregulasi tegangan yang keluar
dari terminal
B + pada alternator.
e. Menambah tegangan listrik yang keluar
dari
alternator putaran tinggi.
7. Pengisian baterai terlalu tinggi (
over charger)
diakibatkan oleh :
a. Belt altenator kendor.
b. Masa atau ground regulator
kurang kontak.
c. Diode rusak
d.
Tahanan kumparan alternator terlalu besar.
e. Regulator sistem pengisian bermasalah.
8. Arus yang keluar dari kumparan stator pada alternator adalah :
a. AC .
b. DC.
c. 3 phase.
d. DC
Volt.
e. DC
Ampere
9. Kumparan medan pada
alternator pada sistem pengisian terjadi
pada bagian :
a. Stator alternator.
b. Rotor alternator
c. Pully alternator.
d. Poros alternator.
e. Lapisan slip ring.
10.Fungsi kipas pendingin pada alternator
a. Mendinginkan diode alternator.
b. Mendinginkan rotor alternator.
c. Mendinginkan stator
alternator.
d.
Mendinginkan bearing alternator.
e. Mendinginkan pully alternator.
11. Pilih bagian – bagian yang bukan dari alternator.
a. Fiel
coil.
b. Slip
ring.
c.
Rotor.
d. Diode penyearah.
e. Komutator.
12.Tegangan regulasi sistem pengisian untuk baterai 12 Volt, mobil dari japan antara :
a. 13 Volt – 17 Volt.
b. 11 Volt – 13 Volt.
c. 13,8 Volt – 14,8 Volt.
d. 12 Volt- 13 Volt.
e. 13,5 volt – 15,5 Volt.
13.Lampu indicator
pengisian ( CHG ) pada dash board pada sistem pengisian
tidak menyala atau
mati terjadi pada putaran mesin;
a. 700-800.
b.
1000.
c.
2000
d.
3000
e.
2500.
14.Sistem pengisian
dengan
menggunakan regulator mekanik, alternator mempunyai penyearah ….. buah.
a.
12
b. 6
c.
9
d.
7
e.
8.
15.Jika salah satu
penyearah rusak pada sistem pengisian maka berakibat
:
a. Arus pengisian berkurang.
b.
Tegangan pengisian berkurang.
c.
Tahanan pengisian berkurang.
d.
Lampu indicator pengisian menyala.
e.
Tegangan pada terminal N menurun.
16.Sistem pengisian
dengan
regulator mekanik.
Jika
lampu CHG
pada
dash board menyala, diagnosenya
adalah :
a. Tegangan listrik pada N lebih kecil dari 6 Volt.
b. Tegangan baterai terlalu
rendah.
c. Arus listrik pada terminal
N kecil.
d. Tegangan bateri terlalu
tinggi.
e. Tahanan pada terminal N
besar.
17.Untuk menghasilkan output
listrikalternator yang konstan pada
putaran rendah
dan tinggi.
Hal ini ditentukan oleh :
a. Besarnya diameter kumparan
stator.
b. Panjang kumparan rotor.
c. Besarnya arus listrik yang ada pada rotor alternator.
d. Besarnya tahanan pada kumparan rotor pada alternator.
e. Besarnya tegangan listrik
pada baterai.
18. Pilihlah pernyataan yang paling tepat
a.Pengetesan daya alternator pada putaran : 3000.
b. Pengetesan daya alternator
pada putaran : 700
c. Pengetesan daya alternator
pada putaran : idle
d. Pengetesan daya alternator
pada mesin mati kunci kontak posisi OFF.
e. Pengetesan daya alternator pada kunci kontak posisi ON mesin mati
19.Pada saat
mobil
berjalan tiba – tiba lampu
CHG menyala. Kemungkinan
kerusakan..
a. Baterai pengisiannya sudah penuh., sehingga tegangan baterai naik.
b. Baterai pengisiannya berkurang,
sehingga tegangan baterai menurun..
c. Overcharger.
d. Rangkaian kelistrikan dari
kunci kontak ke rotor alternator trouble.
e. Fuse putus pada sistem pengapian ke rangkaian primer coil.
20.Pengukuran arus maksimum pada sistem pengisian dengan alternator terjadi pada putaran :
a. 1500-2000 rpm
b. 4000-5000 rpm
c. 1000-1500 rpm
d. 2000- 3000 rpm.
e. 700-800 rpm
21.Pada saat kunci kontak posisi On, mesin mati lampu kontrol CHG pada dash board seharusnya
:
a. Mati.
b. Hidup.
c. Redup.
d. Mati
hidup
lagi.
e. Hidup terus mati.
22.Pada saat kunci ON mesin hidup pada putaran 700 sampai 900 lampu control
CHG
pada dash board
seharusnya :
a. Hidup.
b. Mati.
c. Redup.
d. Mati
terus hidup sebagai lampu control.
e.
Tidak ada jawaban yang tepat.
23. Pengukuran tegangan pengisian pada alternator diukur pada terminal atau pool
:
a. E.
b. B+.
c. B-
d. D +
e. D –
24.Pengukuran
tegangan
pada alternator pada
putaran
2000 dengan
beban
lampu pada mobil dinyalakan semua, sistem pengisian yang baik adalah :
a. 13,8 volt.
b. 12,5
volt.
c. 14,5 volt.
d. 11,5 volt.
e. 10 volt.
25. Pada saat kunci kontak ON , mesin mati , seharusnya pada kumparan rotor
adalah :
a. Lampu menyala.
b. ada Tahanan listrik.
c. Terjadi magnit.
d. lampu mati.
e. Lampu meredup.
26.Pemeriksaan
sistem pengisian
pada alternator saat mesin hidup meliputi
seperti data listrik dibawah ini,
kecuali:
a.
Tegangan regulasi.
b. Arus listrik.
c. Daya listrik.
d.
Oscilogram.
e. Tahanan listrik.
27. Pemeriksaan besar arus listrik sistem pengisian pada alternator , di periksa di terminal
:
a. D -.
b. D +.
c. B +.
d. E
e. F -.
28. Pada sistem pengisian, alternator biasanya mempunyai slip
ring sebanyak :
a. 4 buah.
b. 3 buah.
c. 2 buah.
d. 1 buah.
e. 5 buah.
29.
Rangkaian diode positip
dan negatip
pada alternator dirangkai secara :
a.
Parallel.
b.
Kombinasi.
c. Seri.
d.
Seri, seri
e. Parallel, parallel.
30. Pilih
data
hasil
pengukuran tahanan kumparan rotor
pada alternator
yang
baik.
a. 10 – 20 ohm.
b. 3- 5 ohm.
c. 1– 2 ohm.
d. 3 – 5 kilo
ohm.
e. 5 - 10 kilo ohm
SOAL IGNITION
1.
Di dalam coil pengapian terdapat dua buah rangkaian lilitan yaitu…
a.
Positif dan negatif
b.
Seri dan parallel
c.
Sekunder dan resistor
d.
Primer dan resistor
e.
Primer dan sekunder
2.
Pada sistem pengapian konvensional sudut dwell terlalu besar maka
arus primer yang mengalir pada kumparan primer coil pengapian ......
a. Besar
b.
Tidak berpengaruh terhadap aliran arus
primer.
c. Lemah
d. Semua jawaban benar.
e. Kecil
3. Komponen
system pengapian
konvensional yang berfungsi untuk mencegah terjadinya percikan bunga api pada platina
adalah …..
a. rotor
b. koil pengapian
c. distributor
d.
kondensor
e. resistor
4.
Salah satu komponen dari sistem pengapian yang berfungsi
menghasilkan bunga api dengan menggunakan tegangan tinggi yang dihasilkan coil
adalah…
a.
Bateray
b.
Coil
c.
Distributor
d. Busi
e.
Resistor
5.
Salah satu bagian dari busi yang berfungsi untuk mencegah bocornya
arus listrik tegangan tinggi adalah…
a.
Konduktor
b.
Komutator
c.
Insolator
d.
Selector
e.
Regulator
6.
Hasil pengukuran sudut dwell engine 60o pada kendaraan
4 tak 4 silinder. agar sudut dwell sesuai standar, langkah yang harus dilakukan
adalah …
a.
saat pengapian dimajukan
b.
saat pengapian dimundurkan
c.
menggeser breaker point
d.
celah breaker point dilebarkan sesuai standar
e.
celah breaker point dirapatkan sesuai standar
7.
Saat mesin kecepatan tinggi dengan beban ringan pada motor mesin
maka yang bekerja untuk memajukan saat pengapian adalah …
a.
governor sentrifugal
b.
timing
c.
governor pneumatic
d.
governor vakum
e.
oktan selector
8.
Jika celah platina setandar 0,45 mm, kemudian disetel menjadi 0,60
mm, maka …
a.
sudut dweel semakin besar
b.
sudut dweel semakin kecil
c.
platina berkerak
d.
sudut dweel tidak berubah
e.
saat pengapian semakin mundur
9. Diagram
aliran arus
listrik sistem pengapian konvensional pada posisi kunci kontak on dan posisi
platina menutup adalah…
a.
bateray→ kunci kontak→ kumparan sekunder→
kondensor→ massa
b.
bateray→ kunci kontak→ kumparan sekunder→
kondensor→ busi
c.
bateray→ kunci kontak→ kumparan primer→ platina→
massa
d.
bateray→ kunci kontak→ kumparan primer→
kumparan sekunder→ busi
e.
bateray→ kunci kontak→ kondensor→ kumparan
sekunder→ busi
10. Pada
saat mesin mengalami
penambahan beban, komponen
yang berfungsi untuk memajukan saat pengapian adalah ...
a.
idle advancer
b.
ignition advancer
c.
governor advencer
d.
sentrifugal advancer
e.
vacum advancer
11.
Bila celah kontak point sempit maka sudut dwell besar ini berarti…
a.
Pembentukan medan magnet menjadi lebih cepat
b.
Saat pengapian menjadi lebih awal
c.
Saat pengapian menjadi lebih mundur
d.
Pembentukan medan magnet menjadi terlalu lama
e.
Tidak ada pengaruhnya terhadap lama pembentukan medan magnet
12. Tentukan
besar
sudut dwell untuk mesin 4 tak 6 silinder…
a.
32 ± 2
b.
33 ± 2
c.
34 ± 2
d.
35 ± 2
e.
36 ± 2
13. Komponen
system pengapian
yang berfungsi menghubungkan dan memutuskan arus listrik dari + baterai ke
sirkuit primer adalah …
a.
Breaker point
b.
Contact point
c.
Ignition coil
d.
Ignition system
e.
Ignition switch
14.
Tahanan kabel busi yang baik adalah kurang dari …
a. 25 kΩ/m2
b. 25 kΩ/m
c. 25 kΩ/cm2
d. 2.500 kΩ
e. 25 kΩ
15.
Untuk mengurangi penurunan
tegangan pada Secundary Coil pada saat putaran mesin tinggi dan menstabilkan arus yang masuk ke kumparan primer maka ignition coil perlu dipasang …
a. Dioda
b. Fuse
c. Ground
d. Resistor
e. Relay
16.
Yang
dimaksud dengan
sudut dwel adalah …
a.
sudut yang dibentuk cam shaft selama platina mulai
membuka dan menutup
b. sudut selama platina menutup
c. sudut selama platina membuka
d. sudut yang dibentuk cam shaft selama platina menutup
e.
sudut yang dibentuk cam shaft selama platina membuka
17.
Jika
mesin hidup pincang kemungkinan kerusakan yang terjadi
adalah …
a.
busi mati
b. kondensor mati
c. koil rusak
d. kabel busi grounding
e. platina habis
18.
Makin
tinggi oktan bahan bakar pada kendaraan, maka …
a. saat pengapian dimundurkan
b. saat pengapian tidak perlu diubah
c. saat pengapian tidak ada pengaruhnya
d. Busi dan kabel tegangan tinggi diganti
e.
saat pengapian makin dimajukan
19.
Terjadinya
tegangan tinggi (kurang dari 20.000 volt) pada
ignition coil adalah …
a. pada saat breaker point
mulai membuka
b. pada saat breaker point mulai menutup
c. pada saat breaker point akhir membuka
d. pada saat breaker point membuka penuh
e. pada saat breaker point dalam keadaan
menutup
20.
Hasil
pengukuran sudut dwell engine 60o. agar sudut dwell sesuai standar,
langkah yang harus dilakukan adalah …
a. celah breaker point dirapatkan sesuai
standar
b. saat pengapian dimajukan
c. saat pengapian dimundurkan
d. menggeser breaker point
e.
celah breaker point dilebarkan sesuai standar
21.
Apabila
terjadi panas berlebihan pada koil kendaraan, akibatnya adalah …
a. arus tegangan accu menjadi rendah
b. terjadi kebocoran pada kabel tegangan
tinggi
c. arus tegangan tinggi pada busi makin
baik
d.
arus tegangan listrik pada busi makin menurun
e. arus tegangan accu menjadi tidak
stabil
22.
Jika
mesin distart terasa berat/tersendat
kemungkinan penyebabnya adalah …
a. saat pengapian terlalu mundur
b. saat pengapian terlalu awal
c. salah satu busi mati
d.
celah platina terlalu sempit
e. saat pengapian tidak tepat
23.
Susut
dwell yang terlalu besar akan menyebabkan …
a.
saat pengapian tidak berubah
b. saat pengapian tidak tepat
c. saat penapian berubah-ubah
d. saat pengapian mundur
e. saat pengapian maju
24.
Jika
saat kendaraan distart, terjadi ledakan di karburator maka kemungkinan
penyebabnya adalah …
a.
saat pengapian terlalu maju
b. sudut dwell terlalu besar
c. platina berkerak
d. rotor goyang
e. saat pengapian terlalu mundur
25.
Sebuah
mobil kijang 4 K, memiliki permasalahan
sebagai berikut :
1.
Mobil sulit dihidupkan pada pagi hari
2.
Bila siang hari mobil mudah di hidupkan
3.
Sistem bahan bakar pada mobil tersebut dalam kondisi
bagus
Kemungkinan
kerusakan pada ...
a. baterai,kunci kontak, ignation coil
b.
ignation coil, busi dan platina
c. resistor pada ignition coil
d. coil hampir putus
e.
kabel busi, busi, platina, kunci kontak, baterai dalam
kondisi rusak
26. Kondensor dengan kabel warna biru memiliki kapasitas …
a.
0.15 µf
b.
0.17 µf
c.
0.22 µf
d.
0.25 µf
e.
0.28 µf
27. Pada saat kendaraan berjalan di jalan tol dengan
kecepatan dan putaran mesin tinggi serta katup gas terbuka penuh maka …
a.
Governor advancer bekerja dan vakum advancer bekerja
b.
Governor advancer bekerja maksimum dan vakum advancer maksimum
c.
Governor advancer bekerja dan vakum advancer bekerja
d.
Governor advancer tidak bekerja dan vakum advancer
bekerja
e.
Governor advancer bekerja maksimum dan vakum
advancer tidak bekerja
28. Perhatikan gambar di
bawah ini!
Pada gambar grafik pembakaran grafik
a menunjukkan ….
a.
Saat pengapian terlalu maju.
b.
Saat pengapian tepat.
c.
Saat pengan terlalu mundur
d.
Saat pengapian VOOR.
e.
Jawaban a dan d benar.
29.
Perhatikan gambar wiring sistem pengapian konvensional dengan coil yang
dilengkapi dengan internal ballast resistor !
Kunci kontak ST1 dan ST2 disambungkan ke terminal .....
a.
ST1 → + coil pengapian dan ST2 → terminal
tegangan tinggi.
b.
ST1 → + coil pengapian dan
ST2 → terminal B coil pengapian.
c.
ST1 → - coil pengapian dan
ST2 → terminal + coil pengapian.
d.
STI → terminal motor
starter dan ST2 → terminal + coil pengapian.
e.
ST1 → terminal B coil
pengapian dan ST2 → motor starter..
30.
Nama komponen
pada gambar di bawah ini
berfungsi menaikkan tegangan baterai menjadi
tegangan tinggi adalah ….
b. 3
c. 4
d. 5
e.
6
Terimakasih ini sangat membantu����
BalasHapusIzin menggunakan beberapa soal ya Gan.
BalasHapus